CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

26/10/12

Dioda brigde


Dioda Brigde
Dioda bridge adalah dioda silicon yang dirangkai menjadi suatu bridge dan dikemas menjadi satu kesatuan komponen. Di pasaran terjual berbagai bentuk dioda bridge dengan berbagai macam kapasitasnya. Ukuran dioda bridge yang utama adalah voltage dan ampere maksimumnya. Dioda bridge digunakan sebagai penyearah pada power supply.



Detail jembatan dioda, dinilai pada 1000 Volt Ampere x 4 Sebuah tangan membuat jembatan dioda. Bar perak tebal pada dioda menunjukkan sisi katoda dari dioda.
            Sebuah jembatan dioda adalah susunan empat (atau lebih) dioda dalam rangkaian jembatan konfigurasi yang menyediakan sama polaritas output baik untuk polaritas masukan. Ketika digunakan dalam aplikasi yang paling umum, untuk konversi dari arus bolak masukan (AC) menjadi arus searah output (DC), diketahui sebagai jembatan penyearah . Sebuah penyearah jembatan menyediakan rektifikasi gelombang penuh dari AC input dua-kawat, sehingga biaya lebih rendah dan berat dibandingkan dengan penyearah dengan masukan 3-kawat dari transformator dengan pusat-mengetuk gulungan sekunder.
Fitur penting dari jembatan dioda adalah bahwa polaritas output adalah terlepas sama polaritas pada masukan. Rangkaian jembatan dioda juga dikenal sebagai sirkuit Graetz setelah penemunya, fisikawan Leo Graetz , dan versi tunggal-fase, dengan empat dioda, juga dapat disebut sebagai jembatan H


Operasi Dasar 

Menurut model konvensional dari arus aliran awalnya didirikan oleh Benjamin Franklin dan masih diikuti oleh para insinyur yang paling hari ini, saat ini diasumsikan mengalir melalui konduktor listrik dari positif ke kutub negatif. Pada kenyataannya, elektron bebas dalam sebuah konduktor hampir selalu mengalir dari negatif ke kutub positif. Dalam sebagian besar aplikasi, bagaimanapun, arah sebenarnya arus tidak relevan. Oleh karena itu, dalam diskusi di bawah model konvensional dipertahankan.
Pada diagram di bawah ini, ketika input terhubung ke sudut kiri berlian adalah positif, dan masukan yang tersambung ke pojok kanan adalah negatif, arus mengalir dari terminal pasokan atas ke kanan sepanjang jalan (positif) merah ke output , dan kembali ke terminal pasokan yang lebih rendah melalui jalur (negatif) biru.


 
Ketika input terhubung ke sudut kiri adalah negatif, dan masukan yang tersambung ke pojok kanan adalah positif, arus mengalir dari terminal pasokan lebih rendah ke kanan sepanjang jalan (positif) merah untuk output, dan kembali ke terminal pasokan atas melalui jalur (negatif) biru.



Dalam setiap kasus, output kanan atas tetap positif dan kanan bawah output negatif. Karena ini benar apakah input adalah AC atau DC, sirkuit ini tidak hanya menghasilkan output DC dari masukan AC, juga dapat memberikan apa yang kadang-kadang disebut "perlindungan polaritas terbalik". Artinya, hal itu memungkinkan fungsi normal dari DC-peralatan bertenaga saat baterai telah terpasang mundur, atau ketika lead (kabel) dari sumber listrik DC telah terbalik, dan melindungi peralatan dari kerusakan potensial yang disebabkan oleh polaritas terbalik. 



AC, setengah gelombang dan sinyal gelombang penuh diperbaiki. Sebelum ketersediaan sirkuit terpadu , penyearah jembatan dibangun dari "komponen diskrit", yaitu, dioda terpisah. Sejak sekitar tahun 1950, komponen empat-terminal tunggal yang berisi empat dioda terhubung dalam konfigurasi jembatan menjadi komponen komersial standar dan sekarang tersedia dengan berbagai tegangan dan nilai arus. 

 Jembatan dioda polyphase 

Jembatan dioda dapat digeneralisasi untuk memperbaiki polyphase input AC. Misalnya, untuk masukan AC tiga fase, penyearah setengah gelombang terdiri dari tiga dioda, tetapi gelombang penuh jembatan penyearah terdiri dari enam dioda. 



Tiga fase gelombang penyearah jembatan penuh.

 

3-phase AC input bentuk gelombang (atas), setengah gelombang gelombang diperbaiki (tengah), dan gelombang penuh gelombang diperbaiki (bawah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9